HEADLINES

No headlines available.

Macam-macam Metode Pembelajaran Kooperatif

Macam-Macam metode pembelajaran kooperatif antara lain:

  • Teams-Games Tournament (TGT)

Teams-Games Tournament merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement.

  • Teams-Assisted Individualization (TAI)

Pada model pembelajaran kooperatif ini, siswa belajar menggunakan LKS (lembar kerja siswa) secara berkelompok dan berdiskusi untuk memahami konsep-konsep. Setiap anggota kelompok dapat mengerjakan satu soal sebagai bentuk tanggung jawab bersama.

  • Student-Team Achievement Division (STAD)

Dalam pembelajaran STAD terdiri dari lima komponen utama, yaitu penyajian kelas, belajar kelompok, kuis, skor, pengembangan dan penghargaan kelompok, selain hal tersebut STAD terdiri dari siklus kegiatan pengajaran yang teratur.

  • Numberered-Head Together (NHT)

Student-TeamAchievement Division (NHT) adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Metode NTH lebih menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik.

  • Jigsaw

Metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran. Metode ini dapat diterapkan untuk materi-materi yang berhubungan dengan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan ataupun berbicara.

  • Think Pair Share

Strategi ini memperkenalkan gagasan tetang waktu „tunggu atau berpikir‟ (wait or think time) pada elemen interaksi pembelajaran kooperatif yang saat ini menjadi salah satu faktor ampuh dalam meningkatkan respons siswa terhadap pertanyaan.

  • Two Stay Two Stray (TS-TS)

Struktur Two Stay Two Stray (TS-TS) atau dua tinggal dua tamu yaitu salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain, hal tersebut dilakukan karena karena banyak kegiatan belajar mengajar yang diwarnai dengan kegiatan individu. Metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar siswa dapat saling bekerjasama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah, saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi dan untuk melatih siswa untuk bersosialisasi dengan baik. Metode ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia peserta didik.

  • Role Playing

Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Dalam metode role playing murid dikondisikan pada situasi tertentu diluar kelas, meskipun saat itu pembelajaran terjadi didalam kelas.

  • Pair Check (Pasangan Mengecek)

Metode ini menerapkan pembelajaran berkelompok yang menuntut peserta didik untuk mandiri dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan guru, model pembelajaran ini juga melatih rasa sosial peserta didik, kerja sama dan kemampuan memberi penilaian.

  1. Cooperative Script

Cooperative Script adalah salah satu strategi pembelajaran di mana siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan dalam mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Artikel masih di lockdown !!