HEADLINES

No headlines available.

Format Penulisan Jurnal Ilmiah

Jurnal Ilmiah merupakan karangan ilmu pengetahuan yang menampilkan fakta dan dibuat dengan menggunakan metodologi penulisan yang baik dan benar. Salah satu fungsi jurnal ilmiah adalah untuk mendapatkan permasalahan yang bisa dijadikan sebagai dasar penulisan latar belakang masalah skripsi / tesis. Dalam contoh jurnal terbaru biasanya terungkap permasalahan yang actual. Ini akan memudahkan peneliti dalam menyusun latar belakang masalah.

Setiap jurnal ilmiah yang diterbitkan, tidak terlepas dari sejumlah kaidah atau aturan yang berbeda-beda tergantung kebijakan atau porsi yang diinginkan penerbit. Pada kesempatan ini, ideptk.com mencoba mengulas format penulisan (Style Guide) jurnal ilmiah yang biasa digunakan penerbit “Brain Trust“:

  1. Tulisan yang dimuat adalah karyai ilmiah dan karya inovatif berupa artikel hasil penelitian dan hasil telaah di bidang pendidikan, konsep – konsep pemikiran edukatif lainnya yang bersifat humanoria dan kemanusiaan sebagaimana ciri jurnal BRAIN TRUST
  2. Naskah diketik dengan program MS Word, huruf Time New Roman ukuran 12 denganspasi 1,5padakertas A4. Panjang tulisan 8 sampai 10 halaman. Ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  3. Sistematika artikel meliputi :judul, nama penulis (tanpa gelar), nama lembaga, alamat email, abstrak yang disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran, dan daftar pustaka.
  4. Judul dicetak dengan huruf kapital dengan ukuran 14 point. Judul artikel terdiri dari 14 sampai 20 kata.
  5. Panjang abstrak 50-75 kata dan ditulis dalam satu paragraf.  Abstrak diketik dengan spasi tunggal dengan menggunakan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri menjorok masuk 1,2 cm). Abstrak berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian. Sedangkan kata kunci 3 – 5 kata sesuai dengan variable penelitian.
  6. Bagian “Pendahuluan” berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, manfaat dan tujuan penelitian. Seluruh bagian “pendahuluan” dipaparkan terintegrasi ke dalam paragraf – paragraph denganpanjang sekitar 15 – 20% dari total Panjang artikel.
  7. Bagian “Metode” berisi paparan dalam bentuk paragraf yang berisi tentang rancangan penelitian, sumber data, Teknik pengumpulan data, dan analisis data dengan Panjang sekitar 10 – 15% dari total panjang artikel.
  8. Bagian “Hasil Penelitian dan Pembahasan” berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian yang selanjutnya dibahas secara komprehensif yang berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan sekitar 40 – 60% dari total panjang artikel.
  9. Bagian “Simpulan dan Saran” berisi temuan penelitian yang merupakan jawaban dari pertanyaan atau berupa intisari dari hasil pembahasan yang disajikan dalam bentuk paragraf, sedangkan saran mengacu pada tindakan praktis atau pengembangan teoritis untuk penelitian lanjutan.
  10. Daftar Pustaka disusun sebagaimana pedoman penyusunan pustaka pada umumnya.

Itulah beberapa selingkung (style guide) penulisan salah satu penerbit jurnal ilmiah “Brain Trust”. Semoga cukup membantu.

Apabila Bapak/Ibu guru membutuhkan penerbitan artikel (Jurnal Ilmiah) ber-ISSN, bisa hubungi kami di WA: 083117344440 atau telf : 085777700520.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Artikel masih di lockdown !!